Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Konten Tidak Terindeks Google

Konten Tidak Terindeks Google

(436 Views) August 23, 2019 7:41 am | Published by

Beberapa hari belakangan banyak pertanyaan masuk dari alumni yang intinya konten baru mereka tidak terindeks Google, meski sudah menggunakan fitur url inspection di Search Console. Jika masalah ini terjadi juga pada situs Anda, mungkin tulisan ini bisa menjadi jawabannya.

Pengantar (3 Cara Kerja Google)

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pentingnya meminta Google mengindeks situs / website dan konten baru di dalamnya.

Perlu Anda ketahui sistem cara kerja mesin pencari Google yang sebenarnya sudah pernah saya tuliskan di website ini beberapa tahun lalu. Berikut cara kerjanya :

  • Merayapi / Crawling
  • Mengindeks / Indexing
  • Menampilkan Hasil

Yang pertama, setiap kali menemukan website baru atau konten baru di dalam sebuah website, Google akan merayapi website tersebut. Mereka mendata setiap kata yang mereka temui disana, mereka juga mendata setiap link yang mereka dapatkan untuk dirayapi kemudian.

Yang Kedua, setelah melakukan perayapan mereka akan memasukan semua kata yang mereka temui di dalam website ke database mereka. Proses ini biasa disebut dengan indexing.

Yang Ketiga menampilkan hasil, saat user mengetikan sebuah kata di dalam mesin pencari Google, Google dengan cepat akan melihat database mereka untuk mencari halaman website yang paling sesuai dengan yang diketikan user, untuk kemudian diurutkan dan ditampilkan di halaman pencarian mereka.

Setelah mengetahui ini, maka penting untuk memastikan website atau konten yang Anda buat sudah terindeks oleh Google. Kalau belum, jangan pernah berharap kontennya masuk halaman pencarian mereka.

Bagaimana cara mengetahui konten sudah terindeks atau belum?

Cara sederhananya dengan mengetikan “site:url yang ingin Anda cek” contohnya “site:defriansyah.net/kursus-seo/” tanpa tanda petik ya. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya :

Cek Indeks Google

Jika tampil website Anda seperti di atas maka kontennya sudah terindeks dan berkesempatan masuk halaman pencarian Google dengan kata kunci yang ditargetkan. Tapi, jika tidak tampil saat Anda cek, maka tidak ada peluang untuk tampil di halaman pencarian Google.

Contoh yang belum terindeks :

Konten Tidak Terindeks Google

Disana tertulis “penelusuran Anda – site:defriansyah.net/konten-tidak-terindeks-google/ – tidak cocok dengan dokumen apa pun.” Ini menandakan kontennya belum terindeks.

Apa yang harus dilakukan ketika konten pada website belum terindeks Google?

Mari kita lanjutkan pembahasan ini!

Cara Meminta Google Mengindeks Konten

Jika ternyata konten Anda belum terindeks maka Anda perlu meminta Google untuk mengideksnya, cara ini juga perlu dilakukan setiap kali Anda posting konten baru di dalam website. Langsung saja minta Google untuk segera mengindeksnya.

Berikut tahapannya :

  • Buka Google Search Console (Google Webmaster Tools Versi Terbaru)

Google Search Console Untuk Indeks Konten

  • Klik URL inspection, kemudian ketikan URL yang mau Anda indeks disana. Contohnya gambar di bawah ini :

Inspect URL

  • Tulis URL lengkap ya seperti gambar di atas, kemudian ENTER

Minta Indeks Google

  • Lihat gambar di atas, jika tertulis URL IS NOT ON GOOGLE berarti url Anda belum terindeks. Selanjutnya KLIK tulisan REQUEST INDEXING.
  • Setelah itu ikuti saja tahapan yang muncul berikutnya, cukup mudah.

Setelah selesai tinggal menunggu hingga berhasil terindeks, dalam keadaan normal biasanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Masalah yang Terjadi

Mas sudah saya gunakan fitur URL inspection namun kontennya belum juga terindeks, kenapa ya mas?

Ini sebenarnya inti yang mau dibahas pada tulisan kali ini, semua alumni Kursus SEO tentu sudah mengerti cara meminta Google mengindeks konten seperti di atas. Masalahnya  setelah di inspection tetap saja kontennya tidak terindeks.

Ditunggu beberapa menit belum terindeks, ditunggu beberapa jam tidak juga terindeks, ditunggu sampai besok tetap tidak terindeks, apa yang salah?

Saat itu saya tidak bisa menjawab langsung karena website saya sendiri aman-aman saja, begitu saya masukan url ke URL inspection dalam hitungan menit konten sudah terindeks. Dan ternyata ini masalahnya :

Penyebab Konten Tidak Terindeks

Barry Schwartz dari searchengineland bertanya langsung pada Danny Sullivan dari Google tentang beberapa¬† situs yang mengalami masalah pengideksan Google pada konten baru. Denny menjawab “Ya ada beberapa masalah”.

Dari sini jelas ternyata permasalahan terjadi bukan karena ada error pada website Anda melainkan pada sistem Google.

Website saya aman-aman saja mas, bisa terindeks

Hanya sebagian orang yang mengalami masalah ini. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, website saya juga masih aman-aman saja tidak ada masalah sama sekali pada pengindeksan Google.

Apa Solusinya?

Oke mas kami sudah tau itu masalahnya, lalu apa solusinya?

Masalah seperti ini sebenarnya sering terjadi, beberapa kali saya juga mengalaminya. Solusi yang bisa dilakukan hanya menunggu sampai Google memperbaiki sistem mereka. Atau Anda bisa mencoba menggunakan URL inspection lagi jika dalam beberapa hari konten belum juga terindeks.

Sebelumnya pernah juga terjadi pada salah satu website yang saya kelola, hanya salah satu URL nya saja yang tidak bisa terindeks URL berikutnya yang diposting belakangan justru lebih dulu terindeks. Jika ini terjadi pada website Anda, biarkan saja karena pada akhirnya URL yang tadinya tidak terindeks pun, akan terindeks dengan sendirinya.

Kesimpulan

  • Penting untuk memastikan konten Anda sudah terindeks Google, cara ceknya dengan mengetikan “site:url lengkap website Anda” tanpa tanda petik dimesin pencari Google.
  • Untuk meminta Google segera mengindeks konten baru atau website baru, gunakan fitur URL inspection pada Google Search Console.
  • URL belum terindeks juga setelah dilakukan inspection? Jangan khawatir, tidak ada yang salah dengan website Anda karena memang beberapa hari terakhir sistem pengindeksan Google mengalami gangguan. Anda bisa mencobanya lagi beberapa hari kemudian.

 

Sekian info kali ini, semoga bermanfaat. Seperti biasa saya sangat berterima kasih kepada Anda yang dengan senang hati membagikan tulisan ini, semoga semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

 

27 Agustus 2019, Soft Launching Kelas Online SEOorganik

  • Investasi super Spesial hanya ditanggal tersebut
  • 1 bulan dibimbing langsung step by step teknik SEO
  • Info lengkap akan diumumkan di grup WA

KLIK >> https://defriansyah.net/kelas-seoorganik

 

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Konten Tidak Terindeks Google

Sorry, comment are closed for this post.