Menu Click to open Menus
Home » Strategi SEO » Bagaimana Strategi SEO yang Tepat untuk Mengalahkan Pemain Besar?

Bagaimana Strategi SEO yang Tepat untuk Mengalahkan Pemain Besar?

(1322 Views) August 24, 2019 8:16 am | Published by

Strategi SEO

Tulisan Strategi SEO ini sengaja dibuat untuk menjawab beberapa pertanyaan yang masuk terkait “Apakah mungkin kita bisa mengalahkan website-website besar seperti marketplace?, Jika iya bagaimana caranya?”. Jika ini termasuk hal yang Anda pertanyakan, baca artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya.

Pengantar

Pada beberapa seminar, workshop dan beberapa tulisan, saya sempat mengatakan bahwa Google memberikan peluang yang sama kepada website kecil maupun besar untuk bisa masuk ke halaman satu pencarian mereka. Google sama sekali tidak menganak-emaskan website-website besar seperti marketplace.

Pertanyaannya, Kenapa marketplace menempati halaman satu Google diberbagai kata kunci penjualan?

Marketplace menempati halaman satu Google diberbagai kata kunci penjualan karena mereka fokus membangun SEO, membangun tim SEO dengan merekrut orang-orang ahli SEO. Adanya orang-orang ahli ini, SEO mereka jadi lebih terarah.

Kalau kita perhatikan dan analisa website mereka, penerapan SEO On-Pagenya sudah sangat baik. Dan marketplace termasuk dalam kategori website yang sangat aktif memposting konten setiap harinya. Ini salah satu faktor yang sangat disukai mesin pencari Google.

Bagiamana dengan website Anda?

Mungkin posting sehari satu konten pun belum tentu, bukan bermaksud menyindir karena saya juga termasuk orang yang tidak konsisten dalam memposting artikel. Terkadang bisa setiap hari posting, terkadang tidak posting dalam waktu yang cukup lama.

Efeknya

Banyak kata kunci yang turun ketika saya tidak memposting konten baru dalam waktu yang lama.

Apalagi bicara tentang website baru, dipelatihan saya mewajibkan peserta memposting minimal 1 artikel setiap hari selama proses optimasi dilakukan. Artikelnya bebas, mau buat sendiri ataupun beli silakan saja yang penting posting rutin setiap hari selama proses optimasi dilakukan.

Hasilnya, mereka yang mengerjakannya berhasil membuat website naik ke halaman satu Google dengan kata kunci yang ditargetkan.

Ini baru dari segi posting konten, yang tentunya kita pemain kecil kalah jauh dari mereka. Belum dari segi backlink.

Sekarang kita bicarakan dari segi backlink, apa yang marketplace lakukan?

Salah satu strategi SEO yang dilakukan marketplace dalam hal backlink adalah menghubungi pemilik-pemilik blog yang authority blog atau websitenya sudah bagus.

Untuk Apa?

Untuk meminta mereka menuliskan review tentang marketplacenya. Tentunya mereka meminta pemilik blog atau website untuk menyisipkan link menuju website marketplacenya.

Dengan begitu mereka mendapatkan backlink yang sudah pasti berkualitas, dan tentunya pihak marketplace akan mencari blog yang satu niche dengan kata kunci yang mereka targetkan. Hasilnya BOOM…

Dari mana mas Defri tau?

Saya beberapa kali dihubungi marketplace untuk ini, bukan hanya satu dua tapi hampir semua. Biasanya mereka menawarkan sejumlah uang. Berapa jumlahnya? Tergantung authority dan traffic websitenya.

Dari segi posting konten kita kalah, dari segi backlink bisa jadi kita juga kalah telak 🙂 .

Apakah bisa kita mengalahkan website-website besar seperti marketplace?

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, Google memberikan kesempatan yang sama baik pada web besar maupun web kecil untuk tampil di halaman satu pencarian mereka. Artinya dengan berpatokan pada ini saja kita sudah bisa memastikan bahwa kita BISA mengalahkan website besar seperti marketplace.

Hanya saja tentu butuh kerja ekstra dan butuh waktu. Website besar pun dulunya juga merupakan website kecil yang dibangun dengan kerja keras dan proses waktu yang panjang. Tidak serta merta langsung masuk halaman satu Google. Itu tidak mungkin kecuali menggunakan Iklan bukan SEO.

Coba saja Anda cek halaman satu Google untuk beberapa kata kunci penjualan yang menurut Anda kata kunci yang cukup bagus untuk ditargetkan. Biasanya masih ada terselip satu dua website yang bukan marketplace di halaman satu Google. Contohnya seperti ini :

Strategi SEO Mengalahkan Pemain Besar

Perhatikan gambar di atas, web sarahbeekmans.co.id, walau sekarang peringkatnya masih di peringkat 7, yang jelas website ini bisa mengalahkan marketplace Shop**. Optimasinya masih terus dilanjutkan untuk bisa terus naik ke 5 besar Google.

Ini bukan website saya tapi website salah satu alumni pelatihan Kursus SEO yang pernah saya tulis kisahnya di website ini dengan judul emak-emak jago SEO.

Baca artikelnya disini >> Emak-emak jago SEO

Ada banyak kata kunci yang ditargetkannya namun saya lupa kata kuncinya apa saja. Yang saya ingat hanya kata kunci di atas.

Strategi SEO Mengalahkan Pemain Besar

Ada banyak  strategi yang bisa dilakukan, tergantung seberapa besar pemahaman Anda tentang SEO. Pada tulisan kali ini saya hanya akan membahas dua diantaranya yang biasa saya sarankan kepada pemula atau orang yang baru mulai belajar SEO.

Berikut Strategi SEO nya :

 

1). Buat Website SEO Friendly yang Fokus Pada Satu Niche Khusus

Buatlah website yang membahas satu niche khusus, misal Anda berjualan baju muslim. Baju muslim ini menurut saya masih sangat umum, perkecil lagi nichenya, misal khimar. Atau bisa juga baju muslim wanita.

Fokuskan pembahasan website Anda pada target market tadi (niche khusus yang sudah Anda pilih).

Jika Anda membuat website yang menjual berbagai macam produk, maka website Anda akan dianggap marketplace oleh Google, dan Anda harus siap bersaing dengan optimasi mereka.

Dengan pembahasan khusus, Google memberikan nilai tambah pada website.

 

2). Strategi Gerilya

Salah satu guru bisnis saya pernah mengajarkan, Def kalau bisnis mu masih kecil mulailah berperang dengan cara gerilya.

Maksudnya bagaimana?

Petakan lebih dulu target marketnya berdasarkan lokasi, misal lokasi Laskarseo berada di Cileungsi kab Bogor. Maka ketika Laskarseo ingin memasarkan sebuah produk baru, kami mulai dengan menargetkan Cileungsi. Ketika Cileungsi sudah bisa kami kuasai, baru step berikutnya kuasai Cibubur dan terus meluas sampai keseluruh Indonesia bahkan dunia.

Keuntungan menggunakan teknik ini :

  • Secara optimasi SEO jauh lebih mudah.
  • Order yang didapat dekat dengan tempat usaha Anda, sehingga pengiriman bisa dilakukan dengan sangat cepat.
  • Calon customer bisa mendatangi tempat usaha Anda jika mereka ragu.

Berdasarkan pengalaman kami, menggunakan strategi SEO seperti ini tidak membutuhkan teknik yang rumit. Bahkan tidak memerlukan teknik backlink yang sangat memusingkan. Biasanya kami hanya membagikan konten di sosmed dan setelahnya website masuk halaman satu Google tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Kalau saya mau menargetkan kata kunci yang persaingannya berat bagaimana mas Def apakah bisa mengalahkan marketplace?

Jawabannya tetap sama, yaitu bisa. Hanya saja prosesnya lebih panjang.

Seperti apa tekniknya? 

Tekniknya akan dibongkar habis di Kelas Online SEOorganik yang insyaAllah soft launching pada tanggal 27 Agustus 2019.

Dengan harga spesial hanya di tanggal tersebut

Informasi lengkap akan diumumkan di grup WA.

KLIK >> https://defriansyah.net/kelas-seoorganik

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Bagaimana Strategi SEO yang Tepat untuk Mengalahkan Pemain Besar?

Sorry, comment are closed for this post.