Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Website SEO Friendly, Apa Ini dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Website SEO Friendly, Apa Ini dan Bagaimana Cara Membuatnya?

(222 Views) August 22, 2019 9:00 am | Published by

Website SEO Friendly

Rabu kemarin santri Laskarseo masuk ke materi tentang memahami website seperti apa yang diinginkan Google. Kami membedah langsung, membandingkan website yang berada di halaman satu Google dengan website yang berada di halaman belakang.

Dari sini kami mendapatkan beberapa fakta mengenai perbedaan mencolok antara website yang masuk halaman satu Google dengan yang  tidak. Dengan memahami ini diharapkan para santri bisa membuat website-website yang sesuai dengan keinginan Google atau istilahnya website SEO Friendly.

Mau tau apa itu website SEO Friendly dan bagaimana cara membuatnya? baca terus artikel ini ya!

Pengertian Website SEO Friendly

Sebelum melangkah lebih jauh, kita bahas dulu pengertiannya ya, mungkin di antara para pembaca masih ada yang belum paham pengertiannya. Untuk Anda yang sudah mengerti, bisa lewati pembahasan pengertian ini.

Website SEO Friendly adalah website yang dibuat mengikuti semua aturan dan saran yang diberikan oleh mesin pencari Google dengan tujuan agar Google memberikan penilaian lebih pada website, sehingga kedepannya kata kunci apapun yang ditargetkan mudah masuk ke halaman satu pencarian mereka.

Tidak bisa dipungkiri hal dasar yang perlu ada saat kita mengoptimasi website adalah membuat website yang sesuai dengan keinganan Google. Setelah itu segala hal yang berkaitan dengan optimasi SEO kedepannya menjadi jauh lebih mudah daripada kita mengoptimasi website yang tidak sesuai dengan keinginan Google.

Saat mengambil job sebagai konsultan SEO, syarat pertama yang saya ajukan adalah klien harus mau memperbaiki website mereka sesuai dengan keinginan Google. Di awal saya melakukan audit terlebih dahulu pada website mereka, kemudian membuat list apa saja yang perlu diperbaiki dan fitur-fitur apa saja yang perlu ditambah agar websitenya menjadi lebih baik dimata Google.

Setelah selesai baru saya melanjutkan ke tahap optimasi berikutnya.

Mas, website yang disukai Google apakah website yang tampilannya bagus?

Website yang terlihat secara kasat mata bagus hanya salah satu dari sekian banyak faktor yang diberikan Google, karena ini kaitannya dengan user experience atau pengalaman pengguna. Ketika websitenya terlihat bagus menjadikan website ini lebih dipercaya user dan user menjadi betah berada di dalam website.

Hanya saja yang perlu diingat, website yang tampilannya bagus belum tentu disukai Google karena masih banyak faktor-faktor lainnya yang juga harus dipenuhi. Faktor apa saja itu? akan kita bahas lebih lanjut, baca terus sampai habis yaa!

Sampai disini sudah paham ya pengertiannya agar di pembahasan berikutnya tidak bingung.

Manfaat Memiliki Website yang SEO Friendly

Manfaat yang paling utama dari memiliki website yang SEO Friendly adalah website Anda berpeluang besar tampil di halaman pencarian Google, dengan begitu website bisa mendapatkan suntikan traffic yang sangat besar dari traffic Google.

Google = Mall Besar

Google bisa kita ibaratkan sebuah Mall besar yang memiliki banyak pengunjung, Penataan mall tersebut sangat baik, mereka memisahkan produk-produk berdasarkan niche-nya seperti Fashion wanita mereka buatkan tempat khusus, fashion anak mereka buatkan juga tempat khusus yang hanya berisi fashion anak, Kuliner dan lainnya pun mereka berikan tempat khusus sehingga pengunjung yang datang ketempat tersebut memang benar-benar pengunjung tertarget. Contohnya, jika  Anda datang ke mall tersebut dan ingin makan siang, tentu Anda langsung menuju tempat khusus kuliner dimana disana tersedia berbagai makanan.

Begitu juga jika Anda ingin membeli pakaian wanita, maka Anda langsung menuju tempat khusus pakaian wanita sehingga orang-orang yang datang kesana benar-benar merupakan target marketnya.

Tadi itu kita ibaratkan Anda sebagai pengunjung sekarang kita ibaratkan Anda sebagai penjual yang membuka toko di mall tersebut. Misal Anda membuka toko handphone. Di mall yang sangat luas seperti yang kita ibaratkan tadi tentunya penjual handphone bukan hanya Anda seorang, ada puluhan sampai ratusan penjual handphone.

Bagaimana cara Anda bisa bersaing dengan mereka?
Salah satu caranya adalah memilih lokasi yang paling banyak orang lalui.

Dimana lokasi itu?
Biasanya di pintu masuk menuju tempat khusus penjualan handphone.
Kalau di Google tempat ini bisa diibaratkan dengan halaman satu pencarian Google dengan kata kunci yang tepat.

Kita paham ada beberapa tempat masuk menuju lokasi penjual handphone, dan dari sekian banyak, ada tempat yang paling ramai. Biasanya kita memilih tempat yang paling ramai, atau kita bisa ambil beberapa tempat yang kita anggap paling ramai untuk lokasi toko.

Di Google ini dinamakan dengan memilih kata kunci yang tepat, kata kunci yang paling banyak diketikan user di mesin pencari Google yang sesuai dengan produk dan hebatnya kita bisa menargetkan lebih dari satu kata kunci yang diibaratkan dengan membuka banyak toko ditempat-tempat ramai sehingga toko bisa kebanjiran pengunjung dari berbagai kata kunci.

Semua ini bisa Anda dapatkan ketika website berada di halaman satu Google dengan kata kunci yang tepat dan Anda bisa memulai dari membuat website yang SEO Friendly.

Bagaimana Cara Membuat Website yang SEO Friendly?

Sebelum membuat website SEO Friendly Anda harus paham dulu website seperti apa yang dianggap SEO Friendly. Yang dianggap baik di mata Google. Kita bahas ini lebih dulu ya.

1). Tampilan Website

Seperti yang sudah kita bahas, tampilan website menjadi salah satu faktor. Hal pertama yang diperhatikan user sebelum membaca konten, melihat gambar atau menonton video di webiste adalah tampilan website. Jika tampilan website bagus, baru mereka lanjut melihat kontennya. Jika tidak, biasanya mereka memilih untuk keluar.

Google membaca aktifitas seperti ini di dalam website, ketika Google melihat terlalu banyak orang yang close website sebelum melihat isi kontennya, Google menganggap website tersebut tidak bermanfaat, website yang tidak disukai user. Sehingga mereka memberikan peringkat yang kurang bagus pada website Anda.

Sebaliknya ketika banyak user yang senang berada di halaman website Anda, mereka betah berlama-lama di dalam website. Maka Google memberikan penilaian positif. Akibatnya peringkat website Anda menjadi lebih baik.

2). Kecepatan Akses

kecepatan akses masih berkaitan erat dengan user experience, faktor pertama (tampilan website) menjadi sia-sia jika ternyata website Anda lambat. Sebelum halaman website sempat dilihat, user sudah close lebih dulu karena malas menunggu.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kecepatan akses website Anda, biasanya kecepatan akses sangat berkaitan dengan :

  • Server
  • Codingan Theme
  • Ukuran File Gambar

Server

Sebelum membuat website Anda perlu pastikan server yang Anda gunakan cukup bagus, pilih penyedia hosting yang memberikan jaminan kecepatan akses.

Codingan Theme

Kalau harus belajar sampai ke coding, tentu memerlukan waktu yang cukup lama. Belum lagi tidak semua orang suka coding. Dan faktanya saya sendiri tidak paham betul masalah ini, jadi jangan khawatir.

Solusinya kita perlu memilih theme website yang sudah benar-benar bagus, terutama masalah speed. Biasanya penjual theme membuat website demo yang bisa dicek, website demo ini yang di cek kecepatan aksesnya. Jadi, pastikan theme tersebut benar-benar cepat sebelum Anda menggunakannya.

Ukuran File Gambar

Anda juga perlu memperhatikan ukuran gambar saat mau mengunggahnya ke dalam website, pastikan ukuran gambar sesuai, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jika terlalu besar mengakibatkan website lambat diakses, jika terlalu kecil mengakibatkan gambar kurang bagus dilihat.

3) Fitur Website

Saat santri membandingkan website yang berada di halaman satu Google dengan yang tidak, perbedaan mencoloknya adalah pada bagian fitur. Beberapa website yang tidak masuk halaman satu Google bahkan tidak masuk ke halaman pencarian dikarenakan fitur SEOnya tidak lengkap.

Fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan?

  • Kolom untuk mengisi meta title
    Meta title adalah judul yang tampil di halaman pencarian Google, untuk bisa menampilkan ini Anda harus menambahkan fitur meta title di dalam website.
  • Kolom untuk mengisi meta description
    Meta description adalah deskripsi singkat yang tampil di halaman pencarian Google, untuk bisa menampilkan ini Anda juga perlu menambahkan fitur meta description di dalam websitenya.
  • Related Post / Artikel Terkait
    Fitur ini juga sangat disarankan ada di dalam website, ini juga masih berkaitan erat dengan user experience. Ketika fitur ini ada di website, user mendapatkan rekomendasi konten serupa di website Anda yang bisa mereka lihat selanjutnya.
  • Tombol Share
    Untuk memudahkan user membagikan konten dari website Anda, Anda perlu menambahkan fitur ini. Seperti kita ketahui Google sangat menyukai konten pada website yang mendapatkan banyak share dari user.
  • Kolom untuk memasukan kode Google Search Console (Google Webmaster)
    Google Search Console merupakan tools gratis yang disediakan Google, saya biasa menyebutnya sebagai fasilitas atau sarana komunikasi antara kita pemilik website dengan Google. Disana kita bisa meminta Google mengindeks website, bisa juga meminta mereka mengindeks artikel baru. Selain itu Google Search Console juga sebagai sarana kita melihat laporan terkait traffic, error yang ditemukan Google pada website dan lainnya.
    Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, Anda harus mendaftarkan website ke Google Search Console dan memasukan kode yang diberikannya ke dalam website.
  • Kolom untuk memasukan kode Google Analytics
    Google analytics adalah tools yang disediakan Google untuk menganalisa website Anda, disana laporan kunjungan jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan Google Search Console. Laporan yang diberikan seperti laporan traffic, laporan data user yang masuk dari mulai umur, jenis kelamin, kota sampai ke minat user dan laporan lainnya.
    Sama seperti Search Console untuk dapat menikmati fitur ini Anda harus mendaftarkan website Anda ke Google Analytics dan memasukan kodenya ke dalam website.
  • Dan fitur lainnya

Bagaimana cara membuatnya mas?

Jika Anda menggunakan wordpress Anda hanya perlu menginstal plugin SEO pada wordpress, pilihan yang saya rekomendasikan ada Yoast SEO dan All In One SEO. Pilih salah satu saja ya, karena fiturnya sama.

Dengan mengistal ini Anda sudah mendapatkan sebagian besar fitur yang dibutuhkan di atas.

Kalau bukan wordpress gimana mas?

Jika Anda membuat website yang benar-benar dibangun dari awal, Anda perlu konsultasikan ini ke tim IT, karena merekalah yang bisa membuatkannya untuk Anda.

 

Kesimpulan

  • Website SEO Friendly adalah website yang dibuat sesuai dengan keinginan mesin pencari seperti Google, memenuhi semua ketentuan yang diberikan mereka.
  • Website yang tampilannya bagus belum tentu SEO Friendly, karena tampilan hanya salah satu faktor dan masih banyak faktor lainnya.
  • Faktor yang perlu diperhatikan antara lain : Tampilan website, kecepatan akses dan fitur-fitur SEO.

 

Mungkin itu dulu sharing hari ini, semoga bisa bermanfaat. Seperti biasa saya sangat berterimakasih kepada Anda yang bersedia membagikan tulisan ini, semakin banyak yang membaca tentu semakin banyak manfaat yang bisa tersebar. Semoga kita mendapatkan kebaikan dari ini.

 

Mau belajar secara lengkap tentang pembuatan website yang SEO Friendly?

Di kelas online SEOorganik materi ini dibahas secara lengkap.

Info dan pendaftaran Klik >> https://defriansyah.net/kelas-seoorganik

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Website SEO Friendly, Apa Ini dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Sorry, comment are closed for this post.