Menu Click to open Menus
Home » Apa Itu SEO? » Apa Itu SEO?

Apa Itu SEO?

(283 Views) March 18, 2019 6:10 am | Published by

Apa Itu SEO

Pada artikel Apa Itu SEO? saya akan menjelaskan pengertian SEO, manfaat SEO dan bagaimana cara menerapkan SEO di dalam bisnis yang perlu Anda ketahui.

Di zaman digital seperti sekarang ini rasanya telat sekali jika Anda baru mulai mencari tahu tentang pengertian SEO, disaat orang lain sudah menerapkan SEO itu sendiri di dalam bisnis mereka. Mungkin pesaing Anda juga sudah menerapkannya dan mendapatkan keuntungan dari SEO.

Tetapi benar kata pepatah, lebih baik telat dari pada tidak sama sekali.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan kepada Anda;

Bayangkan saat ini Anda sedang berlibur ke suatu tempat yang baru pertama kali Anda kunjungi, waktu menunjukan telah masuk waktunya Anda makan siang.  Mumpung berlibur dan tempat ini baru Anda kunjungi, tentu Anda ingin makan di tempat terbaik yang masakannya enak dan memiliki pemandangan yang bagus, bukan?

Pertanyaannya, hal apa yang Anda lakukan :

  • A) Menghubungi teman Anda
  • B) Membuat status di sosial media
  • C) Bertanya kepada orang sekitar
  • D) Searching di Google

Menghubungi teman? mungkin saja jika memang Anda memiliki teman yang tinggal di wilayah tersebut atau mungkin Anda memiliki teman yang sering berkunjung ke wilayah tersebut.

Membuat status di sosial media? ini juga sangat mungkin Anda lakukan, tapi permasalahannya sering kali kita tidak mendapatkan jawabannya dari ini atau mendapatkan jawaban namun tidak tepat pada waktunya.

Bertanya kepada orang sekitar? ini pasti bukan menjadi pilihan, sangat jarang orang melakukan ini di zaman digital seperti sekarang.

Searching di Google? ini menjadi hal yang paling sering dilakukan kebanyakan orang, mereka akan bertanya langsung ke Google dan mendapatkan ratusan bahkan ribuan jawaban dari Google dalam hitungan detik.

Hampir disetiap seminar saya menanyakan hal ini kepada peserta dan jawaban tebanyak adalah jawaban D, mereka langsung mengetikan apa yang mereka cari di halaman pencarian terutama Google.

Dan ini bukan hanya berlaku pada kasus ini, pada kasus lain pun berlaku demikian.

Contoh lainnya

Tiba-tiba saja mobil Anda mogok di tengah jalan saat Anda ingin menuju tempat makan tadi. Apa yang Anda lakukan?

Kebanyakan orang mungkin juga Anda akan mengetikan di halaman mesin pencari seperti Google dengan kata “Bengkel Terdekat”, betul atau betul?

Apa Itu SEO dan Apa Manfaatnya

Dan ini yang dilakukan juga oleh market Anda ketika mereka ingin membeli produk Anda, mereka akan mencarinya di mesin pencari seperti Google.

Coba sekarang Anda ketikan sesuatu terkait produk Anda di Google, website siapa yang Anda temukan?

Jika produk Anda busana muslim coba saja ketikan “Jual Busana Muslim” atau “Toko busana muslim”. Untuk produk yang lain silahkan diketikan sesuai produknya.

  • Website siapa yang tampil disana?
  • Apakah website Anda?

Jika ya saya ucapkan selamat, karena Anda sudah berhasil menjadikan Google sebagai salesman bisnis Anda. Google akan mempromosikan bisnis Anda 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Artinya 24 jam nonstop. Asik kan!

Balik ke topik

silakan simak baik-baik penjelasan saya mengenai SEO berikut ini:

Pengertian SEO

SEO adalah
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya optimasi mesin pencari yaitu serangkaian proses yang dilakukan dengan sistematis guna menempatkan website ke halaman satu mesin pencari seperti Google terutama peringkat 3 besar.

Logikanya website yang berada di halaman satu Google apa lagi 3 besar, berpeluang besar mendapatkan kunjungan atau suntikan traffic dari pengunjung mesin pencari Google.

Tentunya berada di halaman satu dengan keyword yang sesuai dengan produk atau bisnis yang dipromosikan.

Jadi, jika Anda berjualan dan belum menemukan website Anda di halaman satu Google dengan kata terkait produk atau bisnis Anda. Berarti Anda membutuhkan SEO.

Apa Manfaat SEO?

Dilihat dari cara kerjanya SEO bermanfaat untuk mendatangkan traffic ke dalam website bisnis Anda, dengan begitu website menjadi ramai dan berpeluang besar terjadi penjualan.

Manfaat Seo lainnya :

  • Sebagai sarana promosi Gratis
    Promosi menggunakan Google 100% Gratis jika Anda tau caranya.
  • Menekan budget promosi
    Untuk Anda bisnis owner yang merasa budget pemasran Anda sudah terlalu besar, maka Anda membutuhkan SEO. Karena seperti yang dikatakan pada poin pertama, SEO 100% Gratis.
  • Memperluas pemasaran Anda ke seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia
    Dengan SEO, pemasaran Anda yang tadinya terbatas, bisa diperluas keseluruh Indonesia bahkan dunia, dan lagi-lagi ini Gratis.
  • Meningkatkan OMSET
    Dengan memperluas jangkauan pemasaran tentu akan berefek pada meningkatnya Omset bisnis.
  • Memiliki Salesman yang bekerja 24 jam non stop
    Dengan SEO jam berapapun user mencari bisnis Anda mereka bisa menemukannya bahkan disaat Anda dan tim tertidur sekalipun.

Masih banyak lagi manfaat SEO yang bisa Anda rasakan dalam bisnis Anda.

Bagaimana Cara Menerapkan SEO dalam Bisnis?

Pengertian SEO dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat SEO, mungkin saat ini Anda mulai tertarik untuk menggunakan SEO dalam bisnis. Namun tentu saja Anda masih bertanya-tanya bagaimana caranya? Harus mulai dari mana?

Ada 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk ini :

  • Menyewa seorang Konsultan SEO
  • Menggunakan Jasa SEO
  • Belajar SEO sendiri untuk kemudian menerapkannya ke dalam bisnis

Ketiganya memiliki konsekuensi masing-masing, jika perusahaan Anda sudah cukup besar dan Anda ingin membangun tim SEO di dalam perusahaan. Menyewa seorang Konsultan SEO menjadi pilihan terbaik.

Konsultan SEO akan memandu Anda bagaimana membangun tim SEO di dalam bisnis, bagaimana membuat strategi SEO yang tepat dan bagaimana cara merekrut orang-orang untuk dipekerjakan sebagai tim SEO di perusahaan Anda.

Dengan adanya konsultan SEO Anda tinggal duduk manis, biarkan konsultan ini yang bekerja membangunkan tim dan membuat strategi SEO yang tepat untuk bisnis Anda.

Hanya saja menyewa seorang konsultan memerlukan biaya yang cukup besar.

Pilihan lainnya jika perusahaan Anda belum mampu menyewa seorang konsultan, Anda bisa menggunakan Jasa SEO. Menyerahkan permasalahan SEO Anda pada ahlinya. Biar mereka yang mengerjakannya.

Biaya menggunakan Jasa SEO tentu lebih murah dari menyewa seorang konsultan, hanya saja dengan menggunakan jasa perusahaan Anda akan terus menerus bergantung pada jasa SEO tersebut. Karena disini semua pekerjaannya akan dilakukan pihak jasa.

Yang terakhir Anda bisa belajar dengan mengikuti program Kursus SEO, tidak harus Anda yang belajar tapi Anda bisa mengutus orang yang Anda percaya untuk belajar.

Biasanya biaya belajar lebih murah dari menyewa konsultan dan menggunakan Jasa. Kelemahannya Anda membutuhkan waktu sampai bisa menerapkan ilmu SEO ini ke dalam bisnis.

Jika Anda putuskan untuk belajar dan menerapkannya sendiri, tahapan yang akan Anda lalui adalah sebagai berikut:

1.) Riset

Sebelum memulai apapun hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meriset seberapa besar peluang kesuksesan bisnis Anda jika dipromosikan menggunakan SEO.

3 hal yang perlu Anda riset di antaranya :

  • Berapa banyak orang yang mencari produk atau bisnis Anda menggunakan mesin pencari terutama Google.
  • Berapa banyak pesaing Anda yang menggunakan SEO untuk mempromosikan bisnis mereka.
  • Seberapa kuat pesaing Anda dalam menerapkan teknik SEO.

Jika setelah riset hasilnya bagus, maka Anda bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Untuk meriset Anda bisa menggunakan beberapa tools di antaranya :

  • Neilpatel Ubersuggest
  • Google Keyword Planner

2.) Membuat Website

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam SEO, Anda harus memiliki website sendiri jangan bergantung pada website orang lain meskipun Anda bisa mengoptimasinya dengan teknik SEO.

Jika Anda belum memiliki website, buatlah terlebih dahulu!

Mas saya tidak bisa coding, tidak bisa membuat website, bagaimana caranya?

Membuat website tidak sesulit yang Anda bayangkan dan tidak perlu mengerti coding. Anda bisa menggunakan platform seperti wordpress. Tutorialnya pernah saya tuliskan di website ini. Silakan dicari ya!

Atau jika mau terima beres Anda bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website.

3.) Optimasi website dengan teknik SEO

Setelah memiliki website, Anda perlu mengoptimasi website Anda dengan teknik SEO. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

  • Optimasi kecepatan akses website
    Cek kecepatan akses website Anda di sini bit.ly/cekspeed kemudian optimasi kecepatannya dengan saran yang diberikan dari tools tersebut.
  • Lengkapi Fitur SEO
    Lengkapi seluruh fitur yang dibutuhkan untuk SEO seperti : Fitur untuk membuat meta title dan meta description, fitur sitemap, fitur mobile friendly dan fitur-fitur lainnya
  • Daftarkan website ke Google Search Console
    Salah satu tools yang diberikan Google untuk mengoptimasi website

4.) Buat konten SEO

Selanjutnya Anda bisa membuat konten SEO, konten-konten yang dioptimasi sesuai dengan standart mesin pencari Google. Agar konten ini ditampilkan di halaman pertama mesin pencari mereka.

Bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat konten SEO, Anda harus menyisipkan kata kunci yang ditargetkan di beberapa tempat seperti :

  • Judul
  • Meta Title (judul yang muncul di halaman pencarian Google)
  • Meta Description
  • URL
  • 100 kata pertama
  • 100 kata terakhir
  • Alt text gambar

Sehingga Google mendapatkan sinyal untuk menentukan kata kunci yang tepat pada konten tersebut.

5.) Promosikan Halaman Yang di-SEO-kan

Selanjutnya Anda bisa mempromosikan halaman yang Anda optimasi menggunakan teknik SEO salah satunya dengan cara :

  • Membagikan halaman tadi di seluruh sosial media yang Anda miliki.

 

Mungkin sampai di sini dulu, tulisan tentang Apa Itu SEO, Apa manfaat SEO untuk bisnis dan bagaimana cara menerapkannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Apa Itu SEO?

Sorry, comment are closed for this post.