Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Update Algoritma Google Juni 2019 Selesai diluncurkan

Update Algoritma Google Juni 2019 Selesai diluncurkan

(449 Views) June 14, 2019 6:38 am | Published by

Pada tulisan-tulisan sebelumnya saya sudah sempat menyinggung tentang update algoritma Google Juni 2019, ada 2 update yang dilakukan Google di bulan ini yaitu core update yang diluncurkan pada tanggal 3 Juni 2019 dan diversity update yang diluncurkan pada tanggal 4 Juni 2019.

Untuk diversity update sudah jelas Google menginginkan keragaman website yang tampil di halaman satu mereka, update ini lebih ke pembatasan jumlah URL dalam satu website yang tampil di halaman satu Google dari sebuah kata kunci.

Jika sebelumnya Anda sempat menemukan 3 atau lebih halaman website yang sama dalam suatu pencarian, kedepan hal ini tidak akan terjadi lagi, karena pada update ini Google membatasi maksimum dalam satu kata kunci hanya ada 2 URL dari website yang sama. Update ini juga telah selesai dilakukan pada tanggal 6 Juni 2019. Google membutuhkan 2 hari untuk ini (4-6 Juni 2019).

Contoh update algoritma Google diversity :

Contoh update algoritma Google diversity

Ketika Anda mengetikan kata kunci Pakar SEO Terbaik ada dua URL dari website defriansyah.net yang tampil di halaman satu Google. Tadinya Google memungkinkan lebih dari ini, satu website bisa menampilkan 3 atau lebih URL mereka dari satu kata kunci. Tapi saat ini Google membatasi 2 URL saja.

Deversity update mungkin bukan suatu masalah berarti, karena hanya mengurangi jumlah URL dari website yang sama dalam suatu kata kunci. Artinya peringkat website cenderung tetap, perubahan peringkat tidak terlalu jauh. Namun yang perlu jadi perhatian adalah core update yang kabarnya juga membuat salah satu website besar di Inggris, The Daily Mail. Mengalami penurunan peringkat yang sangat drastis.

Daily Mail Terkena dampak Update algoritma Google Juni 2019

“Sehari setelah pembaruan algoritma inti luas (3 Juni) kami melihat penurunan besar dalam lalu lintas Pencarian dari Google (kehilangan 50% dari lalu lintas harian),” tulis Mendez. Dia menambahkan, “Ini adalah penurunan selama 24 jam dan kami belum membuat perubahan apa pun pada situs. Selanjutnya, kami melihat penurunan lalu lintas Discover kami sebesar 90% dan belum membaik. Ini melintasi semua vertikal, perangkat, AMP dan Non-AMP. “

Informasi yang kami terima Jesus Mendez  merupakan Direktur SEO dari  The Daily Mail.

Situs sebesar ini saja bisa terkena dampak yang cukup besar, kehilangan 50% traffic. Sebuah penurunan yang saya rasa cukup memusingkan TIM SEO mereka.

Google mengkonfirmasi Core Update telah selesai

Pada salah satu website yang kami baca, kami mendapatkan informasi kalau Core Update Algoritma Google Juni 2019 telah selesai diluncurkan pada tanggal 8 Juni 2019. Google membutuhkan waktu 5 hari karena Google memiliki banyak server dan pusat data diseluruh dunia.

Dari update ini kami mencoba cek traffic dari website ini :

Peningkatan Traffic defriansyah.net

  • 8 Juni 2019 Google mengkonfirmasi core update selesai
  • 9 Juni 2019 Traffic sedikit mengalami penurunan
  • 10 Juni 2019 Traffic naik 3x lipat
  • 11 Juni 2019 Traffic sempat naik lagi 2x lipat dari tanggal 10
  • 12 Juni 2019 Traffic stabil seperti tanggal 10

Dibeberapa kata kunci website ini mengalami penerunan 1-2 peringkat, tapi ternyata di kata kunci lainnya mengalamai kenaikan yang cukup drastis.

Bagaimana dengan website Anda?


2 bulan dibimbing langsung belajar SEO bareng saya mau?
Klik >> Kursus SEO

Sumber : support.google.com

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Update Algoritma Google Juni 2019 Selesai diluncurkan

Sorry, comment are closed for this post.