Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Ini yang Saya Suka dari SEO

Ini yang Saya Suka dari SEO

(58 Views) June 21, 2019 9:31 am | Published by

Ini yang Saya suka dari SEO

Liburan kemarin ada hal yang sangat menarik yang ingin saya tuliskan disini, satu hal dari banyaknya alasan kenapa saya sangat suka menggunakan teknik SEO untuk melakukan promosi.

Sebelum membaca artikel ini lebih jauh, jika Anda sama sekali belum mengerti apa itu SEO silakan baca artikel ini >> Apa Itu SEO.

Sekali lagi, jika belum mengerti apa itu SEO bisa baca tulisan di atas, ya!

Selasa pekan lalu saat masih di kampung halaman, saya lihat grup Jasa Interior cukup aktif. Padahal kami masih libur, beberapa tim bahkan harus menyudahi liburannya lebih dulu. Ini bukan permintaan saya, tapi inisiatif dan kemauan mereka. Loyalitas tanpa Batas 🙂 .

Apa yang menarik dari sini?

Yang menarik adalah kami semua sedang libur, tidak sedang melakukan aktifitas promosi, namun order tetap mengalir masuk. Bukan hanya satu tapi cukup banyak.

Dari mana order bisa masuk?

Karena saat itu posisi semua iklan sedang off, maka yang masih berjalan hanyalah promosi dari teknik SEO.

Inilah kenapa saya sangat menyukai promosi dengan teknik SEO, ketika website berhasil berada di halaman teratas Google dengan kata kunci tertarget, maka order akan terus mengalir meskipun kami sedang liburan.

Berbeda dengan iklan berbayar yang harus terus dijalankan, jika iklan dihentikan otomatis order-pun terhenti. Dengan SEO walau kami stop optimasi, order tidak ikut terhenti. Asik ya. . .

Bukan berarti kami menganggap iklan berbayar tidak bagus, bukan sama sekali. Kami juga menggunakan iklan berbayar saat aktif seperti sekarang. Hanya saja agak beresiko ketika iklan tetap dijalankan dalam keadaan liburan tanpa adanya tim yang mengawasi.

Jadi teringat beberapa tahun lalu saat masih berjuang.

Kondisi saya benar-benar sedang berada di titik terbawah. Saat itu saya baru mengerti SEO sebagai teknik promosi online. Ditengah optimasi, sebagai manusia biasa saya sempat down, hilang keyakinan kalau promosi ini akan berhasil.

Setelah 2 bulan lebih mengoptimasi tanpa hasil, akhirnya saya menyerah. Ya, sebagai manusia biasa saya juga pernah menyerah. Sempat berfikir untuk kembali bekerja sehingga bisa mendapatkan pemasukan rutin.

Namun, di tengah-tengah kegalaun tiba-tiba ada telepon masuk, yang ternyata menanyakan prihal produk yang saya optimasi. Walau saat itu belum closing, tapi membuat semangat saya kembali bangkit. Dan dihari-hari berikutnya benar saja ada beberapa order masuk.

Ketika saya menyerah, ternyata optimasi yang saya lakukan 2 bulan sebelumnya terus bekerja hingga bisa mendapatkan hasil.

Hal ini tentu tidak akan terjadi ketika kita beriklan. Ketika iklan boncos dan belum menghasilkan kemudian Anda menyerah, otomatis iklan Anda stop dan yang terjadi orderan pun tetap tidak akan masuk.

Satu pengalaman lain

Saya pernah mencoba peruntungan di bisnis Private Bahasa Jepang, idenya terlintas karena istri saya merupakan lulusan Bahasa Jepang di salah satu universitas negeri. Saat itu istri sering diberikan tawaran untuk mengajar private bahasa Jepang, baik untuk perorangan maupun perusahaan.

Karena penasaran, saya coba menganalisa bagaimana yayasan ini bisa mendapatkan banyak sekali permintaan private Bahasa Jepang. Dan ternyata jawabannya tidak jauh dari SEO. Ya Yayasan ini menggunakan teknik SEO sebagai media promosi utama mereka.

Akhirnya saya coba buat website dan mengoptimasinya dengan teknik SEO, 2 bulan berjalan website masuk halaman satu Google dan benar saja saya mendapatkan banyak order dari sana. Sampai akhirnya kami pun mencari guru pengajar untuk memenuhi banyaknya permintaan.

Singkat cerita usaha ini terhenti karena suatu alasan.

Satu tahun berlalu, saat saya iseng membuka email yang kami gunakan untuk usaha Private Bahasa Jepang. ternyata masih banyak email yang masuk terkait program kursus bahasa Jepang. Bayangkan, sudah setahun tidak melakukan optimasi tetapi order tetap masuk.

Itulah alasan kenapa sampai saat ini kami masih menggunakan SEO sebagai media promosi utama kami, meskipun kami tetap menggunakan media promosi lainnya seperti FB Ads dan Google Ads.

Dibimbing Langsung Selama 2 Bulan Belajar SEO Mau?

Rencananya dalam waktu dekat kami akan kembali membuka Kelas Laskarseo dengan investasi 3,5Juta jauh lebih murah dibanding kelas private.

Tertarik? Klik disini untuk mendapatkan informasi lengkapnya >> WA INFO KELAS LASKARSEO

 

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Ini yang Saya Suka dari SEO

Sorry, comment are closed for this post.