Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Begini Cara SEO Mendongkrak Omset Bisnis Anda

Begini Cara SEO Mendongkrak Omset Bisnis Anda

(215 Views) June 13, 2019 6:19 am | Published by

Begini Cara SEO Mendongkrak Omset Bisnis Anda

Apakah Anda termasuk pebisnis yang sudah merasakan peningkatan omset dari SEO (Search Engine Optimization)?

Jika ya, saya ucapkan selamat! Dan saya rasa Anda tidak perlu membaca artikel ini sampai habis. Tapi, jika Anda belum menikmati indahnya peningkatan Omset dari wasilah SEO. Mungkin artikel ini bisa mencerahkan.

Sebelum membahas bagaimana cara SEO mendongkrak Omset, kita bahas dulu pengertian SEO. Khawatir ada diantara pembaca yang belum mengerti artinya.

Pengertian SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, Dalam bahasa Indonesia disebut Optimasi Mesin Pencari yaitu segala upaya yang dilakukan untuk membuat bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencari terutama mesin pencari Google.

Jika Anda mencari sesuatu di Google, misalnya saat lebaran kemarin Anda mencari Baju Muslim. Maka kata yang mungkin Anda ketikan pada mesin pencari adalah jual baju muslim atau toko baju muslim, setelah itu muncul ribuan sampai jutaan website di mesin pencari tersebut.

Dari ribuan sampai jutaan website yang menargetkan kata kunci ini, Google hanya menampilkan 10 website saja pada halaman pertamanya. Lihat gambar di bawah ini :

Contoh SEO

Website-website ini bisa tampil di halaman teratas Google bukan kebetulan, tapi ada tekniknya yaitu teknik SEO.

Keuntungan berada di halaman satu Google ialah bisnis atau produk Anda mudah ditemukan user yang sedang mencarinya.

Contoh lainnya pada website ini saya menawarkan program pelatihan SEO. Maka ketika Anda mengetikan di Google kata kata seperti :

  • Kursus SEO
  • Sekolah SEO
  • Pelatihan SEO
  • Workshop SEO
  • Dan kata kunci lain yang terkait

Maka Anda akan menemukan website ini di halaman pertama Google (rata rata di 3 besar). Dengan begitu tanpa melakukan promosi lainnya pun website ini tetap mendapatkan peserta kursus seo dari Google. Orang orang yang ingin Belajar SEO secara berbayar (kursus) akan menemukan website ini ketika mereka mencarinya di Google.

Seperti yang kita ketahui, saat ini perilaku user ketika mencari sesuatu lebih sering bertanya kepada mesin pencari Google yang dianggap serba tau daripada bertanya kepada manusia. Ini juga termasuk perilaku saya dan mungkin juga Anda. Perilaku inilah yang menjadi peluang besar.

Lalu Bagaimana Cara SEO Mendongkrak Bisnis Anda?

Sebenarnya jika Anda bisa mengambil intisari dari tulisan di atas Anda pasti sudah paham bagaimana caranya. Tapi saya coba jelaskan lagi secara terperinci.

SEO bisa membuat bisnis Anda mudah ditemukan calon pembeli, contohnya tadi website ini yang mudah ditemukan oleh orang yang ingin mengikuti program kursus SEO. Jika Anda bisa membuat hal yang sama pada bisnis Anda, tentunya Anda bisa menikmati hasil yang sama yaitu mendapatkan pembeli langsung dari Google.

Kita ambil contoh bisnis Baju Muslim, lihat gambar :

Peluang SEO Baju Muslim

Salah satu kata yang mungkin diketikan user atau calon pembeli ketika mencari baju muslim adalah kata baju muslim terbaru. Dari gambar ini bisa kita lihat, dalam satu bulan orang yang mencari atau mengetikkan kata baju muslim terbaru di Google sebanyak 40.500 pencarian.

Bayangkan ketika bisnis Anda atau website bisnis Anda ada di halaman teratas Google untuk kata kunci ini, website Anda berpeluang mendapatkan suntikan kunjungan tertarget sebanyak 40.500 dalam satu bulan. Ini baru dari satu kata kunci belum kata kunci lainnya.

Ibaratnya Anda punya toko di pasar atau di Mall, dalam satu bulan orang yang masuk ke toko Anda 40.500 orang atau kalau kita hitung perhari ada sekitar 1.350 kunjungan per hari dan ini benar-benar orang tertarget yang ingin membeli produk baju muslim tentu akan mengakibatkan Omset Anda Melesat. Dan sekali lagi ini baru dari satu kata kunci, bayangkan kalau web Anda menguasai 10 kata kunci atau lebih.

Study Kasus

Sebelum bulan puasa yang lalu saya sempat berkunjung ke salah satu alumni SEO, jangan tanyakan siapa orangnya dan apa bisnisnya karena beliau keberatan kalau saya publikasikan nama dan apa bisnisnya. Takut pesaingnya ikut belajar disini dan menjadi saingan di Google katanya 🙂 .

Ketika itu beliau mengenang perjuangan saat ikut kursus SEO. Dari mulai perjuangan mengerjakan semua tugas yang diberikan, sampai ke perjuangan untuk bayar investasi kursus SEO yang menurutnya saat itu MAHAL.

  • Alumni : Inget gak mas dulu saya sempat nego 2X bayar.
  • Saya : Iya ingat mas
  • A : Saat jatuh tempo pembayaran ke dua saya sempat ditagih sama mas. Dan mas bilang. “Kalau pembayarannya belum dilunasi, materi berikutnya tidak bisa saya kirim mas”.
  • S : (Saya hanya tersenyum)
  • A : Saat itu saya baru merintis bisnis ini, uang segitu cukup berat pada waktu itu. Sempat bingung ketika mas tagih tapi Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan pembayarannya dan menyelesaikan semua tugasnya. Hasilnya ini semua berkat mas (Sambil menunjukan kantornya yang sekarang).
  • S : Ini bukan karena saya mas, tapi memang karena kerja keras mu dan tentunya karena Allah Ridho dengan apa yang kamu kerjakan.
  • A : Tapi wasilahnya tetap dari mas kan.

Saat itu saya benar-benar mewek, terharu atas pencapaian yang didapat Alumni kursus SEO ini.

Tapi yang perlu diingat, SEO hanya dobrakan di awal saja hanya salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Setelah itu Anda tetap harus mempelajari ilmu bisnis lainnya seperti management bisnis, leadership dan ilmu terkait bisnis lainnya.

Itu kan yang berhasil mas, yang gagal pasti juga ada kan?

Ya, alumni yang gagal pun ada.

Kenapa mereka bisa gagal?

Rata-rata mereka yang gagal karena menyerah di tengah jalan, berhenti dan tidak mengerjakan tugas-tugasnya.

Apa lagi mas penyebab mereka yang gagal?

Tidak percaya penuh pada apa yang saya ajarkan, menyepelekan dan sebagainya. Padahal sudah banyak testimoni alumni yang berhasil.

Perlu diingat apa yang ada dalam pikiran kita itulah kemungkinan besar yang akan terjadi. Ketika Anda percaya penuh bahwa saya bisa mengajarkan SEO kepada Anda sampai bisa, sampai website Anda menempati halaman satu Google. Maka itu yang akan terjadi, Anda akan bisa SEO, website Anda masuk halaman satu Google.

Tapi jika sebaliknya, Anda tidak percaya 100% kepada apa yang saya ajarkan, itu juga yang akan terjadi. Anda tidak akan pernah bisa.

Lainnya ada mas?

Mencampur adukan teknik.

Maksudnya seperti apa?

Mereka belajar dari berbagai tempat, kemudian semua teknik yang dipelajari diterapkan ke satu website yang sama. Biasanya hasilnya bukan jadi lebih bagus tapi justru sebaliknya.

SEO itu bisa diibaratkan seperti memasak, dalam memasak semuanya harus pas. Bumbunya harus pas, matangnya juga harus pas, bukan? Kebanyakan garam membuat masakan jadi asin, kurang garam membuat masakan jadi hambar. Jadi harus benar-benar pas.

SEO pun seperti itu, over optimasi bisa menyebabkan website di banned Google. Kurang optimasi website tidak akan naik. Jadi benar benar harus pas.

Sebagian testimoni alumni kursus seo bisa Anda lihat disini >> Testimoni

Sepertinya Anda mulai tertarik ingin belajar SEO langsung bersama saya?

Masih ada slot untuk mengikuti Private SEO Offline bulan Juni ini :

  • Lokasi : Metland Transyogi Cileungsi (Dekat Taman Buah Mekarsari)
  • Tanggal : 25,26 dan 27 Juni 2019

Klik disini Untuk Info Lengkapnya

Slot Sangat Terbatas

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Begini Cara SEO Mendongkrak Omset Bisnis Anda

Sorry, comment are closed for this post.