Banner Iklan Kursus SEO
Menu Click to open Menus
Home » Update Algoritma » Update Algoritma Google Maret 2017 ((Google Fred))

Update Algoritma Google Maret 2017 ((Google Fred))

(2556 Views) March 18, 2017 4:04 pm | Published by

Update Algoritma Google Fred

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak Google mengenai update algoritma Google Terbaru Maret 2017  ini, namun di dunia persilatan SEO sudah ramai diperbincangkan.

Ya, seminggu terakhir dunia perSEOan sedang diributkan dengan adanya update algoritma ini. Traffic menurun drastis, hal ini yang sedang hangat diperbincangkan, namun ada juga yang justru trafficnya naik.

Fred, mereka menamai update kali ini dengan nama algoritma Fred. Apa yang disasar Fred? Masih menjadi tanda tanya besar dan masih menjadi perbincangan hangat.

Meski belum ada konfirmasi resmi dari Google mengenai hal ini, namun para pakar meyakini update kali ini menyasar pada related link (link terkait). Dimana algoritma ini memberi penilaian terhadap link terkait disetiap halaman website. Baik link terkait yang diberikan ke dalam website itu sendiri (internal link) maupun link terkait yang diberikan ke luar website (link eksternal).

Related post atau link terkait yang diberikan pada tiap halaman website benar-benar harus memiliki kaitan erat.

Contoh mudahnya dalam konten ini, kami sedang membahas terkait update algoritma terutama algoritma Google Fred, jika kami ingin memberikan link terkait disini, maka konten yang dituju harus benar-benar konten yang juga menuliskan tetang algoritma Google terbaru tersebut.

Seperti konten di web ini http://searchengineland.com/new-unconfirmed-google-fred-update-shakes-seo-world-270898.

Link di atas masih termasuk dalam kategori eksternal link yang masih sangat berkaitan dengan tulisan yang di bahas di halaman web ini. (contoh related link yang aman).

Namun sekali lagi, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Google. Ini hanya berdasarkan pendapat pakar pakar SEO di luar sana.

Bukan hanya update algoritma yang terjadi

Penyebab turun atau naiknya peringkat web belakangan ini, ternyata bukan hanya disebabkan oleh update algoritma Google Fred.

Namun, jika Anda perhatikan saat ini default Google sudah tidak mengarahkan pengguna di Indonesia ke Google.co.id.

Kita sebagai pengguna yang menggunakan IP Indonesia biasanya akan otomatis di arahkan ke Google.co.id walaupun mengetikan Google.com di browser. Namun itu tidak berlaku lagi seminggu terakhir ini.

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, Google menampilakan hasil berbeda antara .co.id dengan .com.

Jadi pada kasus ini peringkat website Anda mungkin tidak berubah, tidak naik atau turun di google.co.id. tapi karena yang tampil saat ini adalah Google.com dan peringkat web Anda di google.com tidak sebagus google.co.id maka web Anda mengalami penurunan traffic yang cukup signifikan.

 

Update Algoritma Google Maret 2017 Google Fred

Di atas ini adalah contohnya, saat mengetikan langsung di browser maka yang keluar adalah hasil pencarian di google.com. Empat teratas memang cukup kuat karena ke empatnya mungkin optimasi untuk .com maupun .co.id.

Namun lihat untuk peringkat 5 nya google.com dan google.co.id menampilkan web yang berbeda. Lihat gambar berikutnya di bawah ini :

Google Fred

Untuk menampilkan hasil pencarian di atas (google.co.id) kami harus membuka dulu web google.co.id baru mengetikan kata kuncinya (tidak default seperti dulu).

Bisa dilihat ya, peringkat 5 nya menampilkan web berbeda. Di beberapa kata kunci bahkan urutan 1, 2 dan 3 nya juga berbeda.

Tapi yang menjadi perhatian khusus disini, ke empat web teratas terutama web ini defriansyah.net tetap menempati peringkat pertama baik di .com maupun .co.id.

Update 28 Maret 2017, Default Google sudah kembali ke Google.co.id.

Bagaimana solusinya jika traffic turun drastis karena ini?

Terkait update google fred, Anda harus memperbaiki related link yang ada di dalam website Anda. Pastikan semua related link mempunyai relevansi konten. Putus semua related link yang tidak berhubungan.

Dan jika Anda menggunakan dummy blog untuk backlink, pastikan konten-konten di dummy Anda relevan dengan konten yang di backlink.

 

Bagaimana agar peringkat website bagus baik di google.com maupun google.co.id?

Tentu Anda harus optimasi di keduanya, kebanyakan praktisi SEO Indonesia hanya fokus di salah satunya, sebaiknya mulai sekarang coba optimasi untuk keduanya.

Jadi default Google mau berubah ke .com maupun .co.id traffic Anda tetap aman.

Jangan tanyakan caranya ya, panjang sekali untuk di bahas. Di Program Private SEO saja sampai 3 bulanan belajarnya bagaimana kalau ditulis disini, gak selesai-selesai nanti :).

Semoga artikel ini bermanfaat ya, silahkan di share agar semakin banyak yang mendapatkan manfaatnya. Semoga menjadi amal untuk kita semua.

Comment Closed: Update Algoritma Google Maret 2017 ((Google Fred))

Sorry, comment are closed for this post.