Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » (Study Kasus) Website Hilang dan Solusinya – Belajar SEO

(Study Kasus) Website Hilang dan Solusinya – Belajar SEO

(104 Views) July 2, 2019 7:35 am | Published by

Belajar SEO - Study Kasus Website Hilang

Bismillah, tulisan ini dibuat hanya sebagai pembelajaran. Sama sekali tidak ada maksud apapun selain itu, nama sengaja kami samarkan untuk menjaga privasi.

Kamis 27 Juni 2019 lalu tiba-tiba ada chat masuk panjang lebar dari seorang wanita berusia 63 tahun. Sebut saja Nenek Bunga (bukan nama sebenarnya). Nenek bunga bercerita tentang bisnisnya yang sempat menyentuh Omset 100juta perbulan bahkan lebih hanya dengan berbagi pengalaman melalui website.

Awal kisah dulu nenek Bunga sempat menderita penyakit Maag kronis selama 18 tahun. Sudah berobat kemana-mana tidak kunjung sembuh. Sampai beliau menemukan sebuah metode pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakitnya itu.

Saking senangnya bisa sembuh, Nenek Bunga membuat sebuah blog. Meski saat itu sama sekali tidak mengerti cara pembuatannya. Belajar secara otodidak akhirnya blognya selesai dan siap untuk dipublikasikan.

Saat itu sama sekali tidak pernah terlintas dibenaknya untuk mencari rezeki lewat blog ini. Niatnya tulus, hanya ingin berbagi pengalaman agar orang-orang yang mengalami sakit maag kronis seperti yang dialaminya dulu bisa sembuh.

Hampir setiap hari nenek Bunga menulis dan berbagi pengalaman, sampai suatu ketika tiba-tiba banyak pesan masuk untuk konsultasi terkait penyakit maag.

Dari mulai memberikan konsultasi gratis, membalas semua pertanyaan yang masuk secara suka rela karena niat tulusnya. Sampai suatu ketika banyak orang yang kesulitan untuk mencari bahan obat yang direkomendasikan Nenek Bunga, disini mulai terlintas ide untuk menjual bahan-bahan obat maag.

Dan boom, secara cepat Omsetnya melesat diangka 100juta bahkan lebih. Wajar saja karena sebelumnya Nenek Bunga memang sudah punya target market, pembaca setia blognya yang sangat banyak. Bahkan sebagian besar pembaca sudah berkonsultasi langsung dengan beliau melalui chat.

100 juta perbulan dari SEO - Belajar SEO

Kenapa websitenya bisa ramai dan banyak chat masuk untuk konsultasi mas Defri?

Maaf, bagian ini lupa saya ceritakan. Jadi tanpa sengaja website Nenek Bunga masuk ke halaman satu Google untuk kata kunci terkait penyakit maag. Karena rajin menulis, dan kebetulan theme yang dipilihnya SEO Friendly.

Dari niat tulus ingin berbagi, Alhamdulillah Nenek Bunga justru mendapatkan penghasilan yang sangat tidak disangka-sangkanya, Omset 100juta lebih perbulan. Kita saja yang jelas-jelas merencanakan dengan matang belum tentu bisa menembus Omset 100juta 🙂 . Tapi Nenek Bunga bisa.

Ini sebenarnya mirip dengan Kursus SEO yang saya buka, awal mula website ini hanya berbagi pengalaman tentang SEO. Menuliskan apa yang saya dapatkan dan apa yang saya kerjakan terkait SEO. Sama sekali tidak ada niat membuka kursus. Jangankan buka kursus, saat itu mengajar saja tidak bisa.

Sampai suatu ketika, ada orang yang memaksa saya untuk mengajarinya dan beliau mau membayar. Dari sini saya coba beranikan diri untuk mengajar. Singkat cerita setelah beberapa bulan belajar, orang ini telepon dan mengucapkan banyak terimakasih, karena dari wasilah ilmu SEO yang diajarkan omsetnya melesat drastis. Dari situ saya baru terpikir untuk membuka program kursus SEO.

Sampai hari ini sudah berjalan 4 tahun, dengan ratusan alumni. Banyak testimoni keberhasilan yang masuk bisa cek disini defriansyah.net/testimoni/ . Eh jadi curhat.

Oke balik ke cerita awal.

Saat ini website nenek hilang dari halaman satu Google, omset 100juta kini hanya tinggal kenangan. Merosot drastis seiring merosotnya traffic website. Sudah coba konsultasi kemana-mana tapi tidak kunjung mendapatkan solusi.

Info dari Nenek Bunga, sebelumnya sudah konsultasi dengan orang ahli. Menurut ahli ini penyebabnya adalah karena Nenek Bunga sering mengambil foto dari google dan memasukan ke dalam websitenya tanpa izin. Tapi, kemungkinan besar penyebab sebenarnya bukan itu, penyebabnya adalah?

Kita lanjutkan setelah pesan pesan berikut ini…

Penyebab sebenarnya sudah saya tuliskan di artikel SEO 2019, belum baca artikelnya? Klik disini >> SEO 2019

Pada artikel SEO 2019 saya jelaskan, di 2019 ada setidaknya 2 update besar dari Google. Dari 2 kali update ini yang paling banyak merasakan dampaknya adalah website kesehatan, dan blog Nenek Bunga temasuk dalam kategori kesehatan sehingga terpengaruh.

Sedikit saya jelaskan kembali, untuk website kesehatan Google menginginkan website ini ditulis atau dikelola oleh orang-orang ahli di bidangnya. Misal oleh dokter. Dan info yang saya terima Google melakukan cek manual untuk ini. Perhatikan gambar di bawah ini :

SEO 2019 Optimasi EAT

Pada gambar di atas kita lihat web tersebut menampilkan siapa orang-orang di balik layar web. Mereka menampilkan gelar dan sebagainya agar lebih meyakinkan. Itu yang harus dilakukan.

Maksudnya bagaimana mas Defri?

Sederhananya yang perlu Anda lakukan saat ini adalah membuat halaman tentang kami, yang menjelaskan siapa orang di balik website ini, siapa pengelola website, siapa penulis website dilengkapi dengan gelar terkait kesehatan seperti dokter.

Salah satu alumni kami yang juga mengalami penurunan peringkat karena webnya termasuk website kesehatan melakukan hal ini. Hasilnya, Alhamdulillah website kembali masuk halaman satu Google.

Kalau pemilik web tidak memiliki gelar di bidang kesehatan, bagaimana mas?

Ini yang belum saya paham, karena Google maunya seperti di atas tadi, harus orang ahli dan dibuktikan dengan gelar. Maksud Google sebenarnya baik, agar ketika ada user mereka yang mencari obat dari suatu penyakit, artikel yang ditemui user benar-benar artikel yang bisa membantu menyembuhkan penyakitnya bukan sebaliknya.

Jika Anda sudah menuliskan halaman tentang kami yang menjelaskan siapa orang di balik website, selanjutnya yang Anda lakukan cukup posting rutin sampai Google kembali mereview website Anda. Alumni kami membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan sampai websitenya naik kembali ke halaman satu Google.

Baik, mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat.

Belajar SEO dibimbing selama 2 bulan mau?

Klik >> KURSUS SEO

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: (Study Kasus) Website Hilang dan Solusinya – Belajar SEO

Sorry, comment are closed for this post.