Menu Click to open Menus
Home » Pakar SEO » Pakar SEO Jakarta

Pakar SEO Jakarta

(1058 Views) January 17, 2019 3:13 am | Published by

Pakar SEO Jakarta

Baca tulisan ini sampai habis ya, ditulisan ini saya membocorkan Tips menjadi seorang Pakar di bidang SEO.

Mas Defri ini Pakar SEO Jakarta ya? Tiba-tiba saja seseorang menghubungi saya dan bertanya demikian. Orang ini menginginkan saya mengoptimasi website bisnisnya agar bisa meningkatkan penjualan melalui SEO.

Saya sendiri tidak bisa menjawab apakah saya termasuk pakar / ahli seo atau bukan, karena sampai saat ini belum ada penilaian yang jelas. Faktor apa yang menjadi acuan seseorang bisa dikatakan Pakar di bidang SEO. Yang jelas sampai hari ini saya masih terus belajar memperdalam ilmu SEO.

Mungkin faktor seseorang bisa dikatakan Pakar atau Ahli SEO adalah websitenya yang berhasil menempati halaman satu Google dengan kata kunci tersebut. Tapi, ini pun agak sulit karena di era Google saat ini peringkat begitu cepat mengalami perubahan.

2012 saya memulai petualangan saya di dunia SEO, entah sudah berapa website yang saya optimasi dari berbagai jenis usaha. Saat ini saya mendirikan Laskarseo yang bergerak di bidang pendidikan SEO dan juga Jasa Digital Agency. Laskarseo terdiri dari beberapa tim ahli SEO, Google Ads dan Facebook Ads.

Siapa Pakar SEO Jakarta

Bagaimana cara agar saya bisa menjadi seorang ahli atau master SEO, mas Defri?

Untuk menjadi seorang pakar, ahli atau master SEO apapun itu namanya, tentu Anda harus belajar terlebih dahulu. Belajarlah dari orang yang Anda anggap sudah sampai disana, tidak harus dengan saya kecuali Anda beranggapan bahwa saya sudah sampai pada tahap itu.

Yang kedua, Anda harus rajin praktek. Jangan puas hanya karena sudah mencapai halaman satu Google untuk satu website. Tapi, terus optimasi lagi website-website lainnya dengan niche yang berbeda-beda.

Kemudian Anda juga harus pintar membaca data, harus peka pada setiap perubahan algoritma Google dan selalu ingin tahu kemana arah perubahan Google.

Yang terakhir jangan pernah puas dengan ilmu yang sudah Anda punya, teruslah belajar.

Pakar SEO Indonesia

Sedikit cerita pengalaman saya sampai berada di titik ini.

Dulu, saya mulai belajar di tengah keterbatasan.  Saat itu saya baru saja bangkrut di bisnis pertama saya. Karena sama sekali tidak punya dana, saya belajar SEO secara otodidak. Caranya dengan membaca semua tutorial SEO yang saya temui di internet.

Bukan hanya dibaca tetapi juga dipraktekan satu persatu, dan saat itu saya rajin mencatat.  Setiap kali saya melakukan sesuatu pada website, saya catat secara detil. Dan biasanya saya tunggu beberapa hari ke depan untuk melihat hasilnya. Kalau ternyata peringkatnya turun maka saya catat di buku bahwa teknik A ternyata membuat website turun, begitu juga sebaliknya.

Setelah itu saya pisahkan teknik-teknik yang membuat website naik, kemudian saya coba lagi tekniknya di website lain. Terus saja begitu sampai saya mendapati minimal 3 website naik ke halaman satu Google dengan teknik yang sama, baru saya simpulkan teknik ini benar-benar bekerja.

Berapa lama mas prosesnya?

Berbulan-bulan, dan dulu karena masih semangat dan memang kondisi terdesak saya bisa di depan laptop 15 sampai 20 jam sehari. Yang saya ingat sampai pinggang ini sakit dan pernah mata saya terus keluar air dan sakit saat melihat, mungkin karena terlalu lama melihat ke layar laptop. Kalau sudah begitu baru saya istirahat seharian.

Jadi yang pertama saya lakukan adalah mencari teknik SEO di internet kemudian mempraktekannya dan mencatatnya.

Pakar SEO Medan

Tidak berhenti sampai disitu, setelah mulai menghasilkan saya menyisihkan sebagian uangnya untuk kepentingan belajar. Saya mengikuti banyak seminar SEO, workshop SEO, Kursus SEO dari berbagai tempat. Mungkin Anda pernah lihat testimoni saya disalah satu website tempat kursus SEO, ya saya memang pernah belajar disana. Tapi, itu hanya salah satu dari beberapa tempat yang saya datangi untuk belajar.

Belajar dari berbagai tempat dengan banyak guru membuat saya kaya akan teknik SEO. Karena setiap orang pasti memiliki teknik yang berbeda. Saya mempraktekan semua ilmu yang saya dapatkan kemudian mencatatnya selanjutnya memisahkan teknik yang saya anggap lebih simple namun efektif. Dari situ saya menemukan teknik baru, hasil perpaduan teknik-teknik yang pernah saya pelajari dari banyak guru.

Kalau Anda belajar di tempat kursus yang pernah saya ikuti, saya jamin Anda akan mendapatkan teknik yang berbeda dengan yang saya ajarkan disini. Karena teknik yang sekarang sudah benar-benar mengalami banyak perubahan.

Yang kedua sisihkan hasil yang sudah didapat untuk ikut seminar, workshop ataupun kursus SEO.

Jangan puas hanya belajar dari satu orang karena setiap orang punya teknik berbeda.

Yang terakhir, saya tidak pernah puas dengan ilmu yang saya miliki.  Karena saya sadar Algoritma Google terus berubah, kita harus terus mempelajari perubahan-perubahan ini.

Itulah tips dari saya untuk menjadi seorang pakar atau ahli SEO, semoga artikel ini bermanfaat.

Oh ya, kami dari Laskarseo berencana mengadakan Live rutin yang akan membahas seputar SEO, Digital Marketing dan Bisnis Online.

Bagi Anda yang berminat mengikuti program tersebut bisa mendaftar ke admin, 100% Gratis. Segera hubungi admin kami dengan klik gambar di bawah ini.

Whatsapp

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Pakar SEO Jakarta

Sorry, comment are closed for this post.